Program baru yang baru sekali dijalankan oleh Paguyuban Sesawi adalah mengadakan kunjungan online. Program ini cukup diapreasiasi oleh para anggota komunitas.

Kami memulainya di bulan Januari 2021. Program Visitasi Virtual dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini. Situasi pandemi membuat kita semua mesti di rumah. Pasti kesendirian dan sepi dialami oleh teman-teman, terutama mereka yang sakit. Di satu sisi meski kita tidak bisa menyapa secara langsung, media virtual memungkinkan untuk itu.

Sementara sebagian dari anggota komunitas memang betul-betul merasakan hal ini entah karena dirinya sendiri yang sakit atau anggota keluarganya. Tentu bantuan baik secara moral dan material dibutuhkan. Program ini ingin menjawab kebutuhan itu.

Tujuan :

  1. Menemani teman-teman/saudara Sesawi yang sakit/ keluarganya yang sakit
  2. Memberi dukungan, semangat, doa, material
  3. Memelihara persaudaraan di masa pandemi

Sasaran :
Teman-teman Sesawi yang :

  1. Sakit atau anggota keluarganya yang sakit
  2. Minta dikunjungi/ditemani
  3. Yang sudah menginjak usia lansia dan/atau sudah sendirian di rumah
  4. Para single parent/single mother

Catatan : Perlu persetujuan dari pihak yang dikunjungi bahwa mereka bersedia dikunjungi secara virtual

Penyelenggara : Paguyuban Sesawi (PIC : Abdi)

Waktu/druasi : Sekali sebulan per orang (keluarga) / 30-45 menit

Platform : Zoom atau Google Meet

Mekanisme :

  1. Pengurus/Pembina PS/YS menentukan siapa yang mesti dikunjungi. Atau kalau ada yang mau dikunjungi, silakan menghubungi PIC. Dalam hal ini, sebelum hari H (Sebulan sebelumnya akan diumumkan/ditanyakan adakah yang mau dikunjungi)
  2. PIC menanyakan apakah pihak yang hendak dikunjungi bersedia (untuk yang ditentukan). Kalau tidak langsung stop, kalau bersedia bisa dilanjut.
  3. PIC (berkontak dengan yang dikunjungi) membuat jadwal dan menentukan platform yang mau dipakai sekaligus setting jadwal di platform (G Meet atau Zoom)
  4. PIC mengumumkan ke komunitas lewat broadcast atau group yang bersedia hadir dalam kunjungan ini dan anggota komunitas diminta mendaftar. Akan diberi link zoom/gmeet
  5. Kunjungan dilakukan di hari H

Susunan Acara :

  1. Doa Pembukaan (kalau mau ada nyanyi dipersilakan – tentatif) oleh pengurus/pembina PS/YS atau kalau ada yang mewakili (1-2 menit)
  2. Perwakilan mengutarakan maksud kegiatan (2 menit)
  3. Yang dikunjungi dipersilakan bicara (10 menit)
  4. Para peserta dipersilakan bertanya dan dijawab oleh pihak yang dikunjungi (diberi kesempatan 5 orang saja) – 20 menit
  5. Ditutup dengan Doa dan ucapan terima kasih (2 menit)
  6. Ngobrol bebas ( yang mau meninggalkan ruang virtual dipersilakan)
  7. Kalau ada yang mau donasi bisa lewat pengurus PS

Dan pada Sabtu, 23 Januari 2021, pkl.17.00-17.45 WIB paguyuban telah “mengunjungi” Mas Henry Sontani yang selama ini sakit melalui zoom meeting. Pada Rabu, 17 Februari rencananya akan diadakan kunjungan ke keluarga Pak IW Hadisumarta namun karena Ibu yang sakit mesti menjalankan cuci darah, jadi kita undurke Hari Sabtu, 20 Februari 2021, pkl 20.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + ten =